Tanya Jawab Tentang Khalifah Utsman bin Affan r.a.

Kaligrafi Khalifah Utsman (The vector version of the iconic calligraphy of the 3rd Rashidun Chalif, Uthman ibn Affan, which is prominent in the Hagia Sofia in Istanbul, Turkey)

Pertanyaan tentang Khalifah Utsman bin Affan r.a.

Tanya: Dimana Khalifah Utsman bin Affan dilahirkan?

Jawab: Khalifah Utsman bin Affan lahir di Ta'if, Jazirah Arab sekira 579 M (42 SH)

----------

Tanya: Khalifah Utsman bin Affan diangkat menjadi khalifah pada tahun...

Jawab: Khalifah Utsman bin Affan diangkat menjadi khalifah mulai tanggal 6 November tahun 644 M.

----------

Tanya: Berapa lama Khalifah Utsman bin Affan memerintah atau menjabat sebagai khalifah? atau Khalifah Utsman bin Affan menjadi khalifah selama...

Jawab: Khalifah Utsman bin Affan memerintah sebagai khalifah dari 6 November 644 s.d. 17 Juni 656.

Jadi Khalifah Utsman bin Affan memerintah sebagai khalifah diperkirakan selama 11 tahun, 223 hari

----------

Tanya: khalifah Utsman bin Affan diangkat menjadi khalifah ketika berusia?

Jawab: Khalifah Utsman bin Affan memerintah sebagai khalifah mulai dari 6 November 644 M. Sedangkan Khalifah Utsman lahir tahun 579 M. Jadi beliau diangkat sebagai khalifah sekira umur 65 tahun.

----------

Tanya: Apa alasan Khalifah Usman bin Affan membukukan Alquran? atau Kenapa khalifah Utsman bin Affan memerintahkan mencatat al quran?

Jawab: Para Khalifah menyempurnakan tugas-tugas Nabi sebelumnya. Di zaman Rasulullah saw, Alquran belum dibukukan. Beberapa alasan diantaranya adalah:

(1) Allah Ta'ala berfirman bahwa Allah akan memelihara kemurnian Alquran sampai akhir masa. Sebagai bentuk penzahiran kudrat Allah Ta'ala itu, yaitu menjaga kemurniannya, maka Alquran dibukukan. Di zaman Khalifah Abu Bakar Ash Shiddiq r.a., ratusan hafiz quran telah gugur di medan jihad. Oleh karena itu Umar bin Khottob r.a. mengusulkan agar Alquran segera dibukukan dalam satu jilid kitab. Tugas tersebut selesai di zaman Khalifah Utsman bin Affan r.a. (Sumber: Pengantar mempelajari Alquran, Mirza Basyiruddin Mahmud Ahmad, Neratja Press: 2018, hlm. 485-495)

(2) Pembukuan Alquran dimaksudkan untuk menjadikan Alquran dihafal dan dipelajari dengan standar yang sama. Standar ini diambil dari Alquran yang diwahyukan kepada yang mulia Rasulullah saw. dan diajarkan oleh beliau saw sendiri kepada para sahabatnya. (Sumber: Pengantar mempelajari Alquran, Mirza Basyiruddin Mahmud Ahmad, Neratja Press: 2018, hlm. 485-495)

(3) Islam adalah agama rohmatan-lil-'aalamiin, yaitu agama yang hadir untuk seluruh alam. Oleh karena itu agar manusia mudah dalam mempelajari, menghafal dan mengajarkan Alquran maka diperlukan dibuat bentuk kitab yang tertulis.

----------

Tanya: Mengapa Khalifah Utsman bin Affan disebut Dzun Nurain?

Jawab: Rasulullah saw menikahkan dengan putri beliau, Hadhrat Ruqayyah r.a. Setelah Hadhrat Ruqayyah r.a. wafat (bertepatan dengan hari-hari perang Badar). Setelah itu sesuai dengan wahyu Ilahi, Rasulullah saw menikahkan putri beliau yang lain, Hadhrat Ummu Kultsum r.a. Ini membuatnya mendapat julukan Dzun Nurrain yang berarti pemilik dua cahaya.

----------

Tanya: Apa yang menyebabkan Khalifah Utsman bin Affan terbunuh?

Jawab: (1) Di Kufah dan Bashrah rakyat bangkit menentang gubernur yang diangkat oleh Usman.

(2) Muncul isu nepotisme dalam pemerintahan Khalifah Usman (walaupun hal itu tidak terbukti)

(3) Ada hasutan dari Abdullah bin Saba' di Mesir. Ia sangat provokatif yang menyatakan hak Ali sebagai khalifah yang sah.

(4) para gubernur yang diangkat Khalifah Utsman bertindak sewenang-wenang terutama dalam bidang ekonomi

(5) Terdapat demo besar-besaran hingga para pemberontak mengepung rumah Utsman bin Affan. Mereka mendesak beliau r.a. melepaskan jabatan kekhalifahannya. Karena beliau menolak, maka Khalifah Utsman disyahidkan ketika membaca Alquran

----------

Baca Juga:

(1) Ahmadiyah.id - Khilafat

(2) Ahmadiyah.id - Khilafah

(3) Alislam.org - Khilafat

(4) Ahmadiyah.id - 112 tahun Khilafat

Tag:

#Khalifah, #Ahmadiyah, #Mirza Masroor Ahmad, #KhalifahAhmadiyah, #KhalifahIslam, #ImamMahdi, #Perdamaian

Related Posts

Posting Komentar